Setelah Program 100 Hari, Bupati Kebumen Bakal Segera Luncurkan Kartu Kebumen Sejahtera

KLIRONG, Wartakebumen.com–  Guna mendukung percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan pelayanan publik agar menjadi lebih baik, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih telah meluncurkan berbagai program dalam 100 hari kerjanya. Bahkan setelah ini, Program unggulan bernama Kartu Kebumen Sejahtera juga bakal segera diluncurkan.

Hal itu disampaikan Bupati Arif Sugiyanto, usai menggelar Sholat Taraweh dan Silaturahim di Mushola Baitul Muttaqin, Dukuh Tuubaru Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen, Senin 26 April 2021, tadi malam. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono beserta para OPD, Forkopimcam dan Pemerintah Desa setempat.

Bupati mengatakan program 100 hari kerjanya hingga kini sudah mencapai 80 persen, salah satunya program Jamu Seger atau jalan mulus ekonomi bergerak. Meski secara bertahab, namun hingga kini perbaikan sejumlah jalan yang rusak telah dilakukan untuk memudahkan akses masyarakat.

‘’ Insya Alloh sudah mencapai 80 persen. Setelah ini kita akan segera luncurkan Porgram Kartu Kebumen Sejahtera. Dan untuk perbaikan jalan masih ada sekitar 15 titik lagi. Tapi akan kita upayakan seluruhnya selelsai nantinya,’’ucapnya.

Bupati Arif menjelaskan program Kartu Kebumen Sejahtera merupakan program untuk masyarakat yang belum sejahtera. Dengan kartu ini mereka akan memperoleh kesejahteraan yang baik. Termasuk masyarakat yang mana belum memiliki E- Ktp nantinya akan segera dibuatkan.

Kartu Kebumen Sejahtera ini nantinya masyarakat akan dibikin satu kartu yang fungsinya mengkontrol kondisi masyarakat sehingga mereka yang terdaftar bisa tercover ketika ada bantuan turun dari pemerintah. Baik itu bantuan bea siswa, bantuan langsung tunai, dan juga kesehatan.

Selain itu Kartu Kebumen Sejahtera juga bisa dijadikan data yang valid bagi pemerintah kabupaten ke depan dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat.

“Fungsinya kartu ini nanti sebagai kontrol jadi ketika nanti masyarakat ada yang belum menerima bantuan, nanti bisa dicek melalui nomor kartunya, dititik mana nanti bisa ketahuan,” ujar Arif.

Meski begitu, tentu tidak semua masyarakat Kebumen dapat kartu ini. Mereka yang dapat kartu ini adalah masyarakat kelas bawah yang memang hidupnya masih jauh dari kesejahteraan. Untuk itu pemerintah wajib menjadikannya sejahtera melalui Kartu Kebumen Sejahtera.

Terkait data-data masyarakat yang layak mendapatkan kartu itu, akan dikeluarkan mengacu pada DTKS agar tepat sasaran. Bupati mengaku baru baru ini juga telah melakukan kordinasi ke Kementrian Sosial Pusat agar DTKS singkron dengan kondisi real di lapangan.

Lebih lanjut Bupati kembali mengatakan berkaitan dengan Tarhim dilakukan untuk memastikan proses Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro berjalan dengan lancar. Dirinya menilai penerapan protokol kesehatan di Kecamatan Klirong sudah berjalan baik.

Seperti Tarhim sebelumnya, diujung acara Bupati juga bekesempatan menyerahkan bantuan paket sembako serta kuis berkah Ramadhan berhadiah bagi masyarakat yang hafal lagu Lir Ilir dan panacasila.(*).

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *