6 Pondok Pesantren di Kebumen Dapat Bantuan Gedung BLK Komunitas

KEBUMEN,- Sebanyak 6 Pondok Pesantren di Kebumen mendapatkan Bantuan Gedung Balai Latihan Kerja Komunitas dari Kementerian Tenaga Kerja Kemenaker RI. Hal ini dimaksud untuk mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia di Lingkungan pesantren.

 

Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Anggota DPR RI H. Taufiq R Abdullah Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, PP Al Badar Bojongsari Alian, baru baru ini. Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kebumen Zaini Miftah dan para Pengasuh Pondok Pesantren serta sejumlah para santri.

 

Adapun jumlah bantuan untuk masing masing pesantren senilai 1 miliar yang tersebar di 5 Kecamatan. Diantaranya yakni, PP Miftahul Ulum Kebumen jurursan Teknik Informatika, PP Al Hasani Alian kejuruan otomotif, PP Ikhsan An Nawawi Kecamatan Kutowinangun kejuruan teknik informatika, PP Al Amin Adimulyo Tekhnik Informatika, PP Al Istiqomah Petanahan Teknik Informatika dan terkahir PP Al Badar Bojongsari Alian.

 

Dijelaskan Taufiq bahwa bantuan BLK Komunitas ini tidak lain karna Pondok Pesantren memiliki watak kemandirian yang kuat dan telah berkontribusi dalam perkembangan dunia pendidikan. Baik formal mapun non formal.

 

” Presiden melihat Bahwa pesantren merupakan salah satu komunitas yang selama ini memiliki watak kemandirian. Untuk itu mereka perlu mendapatkan semacam intervensi karena keterbatasan yang ada agar pembangunan SDM semakin meingkat,” ucapnya.

 

Selain Pondok Pesantren, lanjut Taufiq, Program Bantuan Komunitas juga diberikan kepada komunitas beragama lain. Namun disatu sisi, komunitas Pondok Pesantren dinilai merupakan komunitas yang terbesar di Indonesia.

 

” Bantuan BLK ini meliputi bangunan gedung, peralatan dan juga program pelatihan. Dan untuk pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada pihak pesantren dan tidak menggunakan pihak ketiga,’’imbuhnya.

 

Dengan BLK Komunitas ini, Taufiq berharap bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengasuh Ponpes dan para santri. Tidak hanya untuk lingkungan pesantren saja, pemanfaatan BLK tersebut juga bisa menjangkau hingga kepada masyarakat yang berada dilingkungan Pesantren. Sehingga kedepan juga bisa menjadi pusat bisnis sebagai pemicu perkembangan ekonomi di Kebumen.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *