Wabup Kebumen Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Bencana

KARANGSAMBUNG – Wakil Bupati Kebumen Arif Suigiyanto menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, dimana Wilayah Kebumen merupakan rawan akan terjadinya banjir dan tanah longsor di saat curah hujan tinggi.

 

Hal itu disampaikan saat manghadiri acara pertemuan rutin Forum Komunikasi Kepala Desa se-Kecamatan Karangsambung yang berlangsung di rumah Kepala Desa Pujotirto, Kamis 11 Februari 2021. Turut hadir Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen, Frans Haidar serta Forkopimcam setempat.

 

Menurut Arif, peningkatan kewaspadaan untuk mengurangi risiko kebencanaan ini penting. Hal ini dikarnakan, jika terjadi bencana, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material yang besar. Apalagi Kecamatan Karangsambung merupakan wilayah pegunungan yang tentunya sangat rawan akan bencana terutama tanah longsor.

 

Untuk itu para Kepala Desa diminta aktif mengingatkan warganya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Jika sewaktu waktu terjadi bencana diminta secepatnya melaporkan ke BPBD Kebumen.

 

‘’ Saya minta kepala desa  jangan ragu untuk melaporkan kepada BPBD pabila terjadibencana,  atas laporan tersebut BPBD tentunya akan bergerak cepat melakukan penanganan,’’ucap Arif.

 

Disisi lain Arif juga kembali mengingatkan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Apalgi saat ini Kabupaten Kebumen secara resmi telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Kebijakan ini selaras dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 03 tahun 2021 tertanggal 5 Februari 2021.

 

Pengendalian covid-19 pada PPKM berbasis mikro dengan mempertimbangkan wilayah zonasi hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). Dimana akan dibedakan penanganan untuk RT zona hijau, kuning, orange dan merah.

 

PPKM mikro dilaksanakan melalui koordinasi seluruh unsur yang terlibat dengan dibentuk posko pada tingkat desa/kelurahan. Posko desa memiliki peran antara lain pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan covid-19 di tingkat desa/kelurahan. Posko sendiri harus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan.

 

“Posko desa diketuai Kepala Desa dengan dibantu aparat desa dan mitra desa lainnya, posko kelurahan diketuai Lurah dengan dibantu aparat kelurahan dan kepada masing-masing posko dibantu Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat,” katanya.

 

Arif Sugiyanto yang juga Bupati Kebumen terpilih itu menyebut penanganan covid-19 di Kebumen berjalan baik dengan mengaktifkan semua komponen termasuk desa. Dalam hal ini terdapat sejumlah program seperti Jogo Tonggo dan Desa Tangguh yang perlu disinergikan. Ia juga mendorong agar Satgas lebih gencar melaksanakan swab dengan salah satunya meminta BPBD mengadakan alat swab.

 

Dalam kesempatan tersebut, wakil bupati juga menyerap aspirasi, serta keluhan kepala desa terutama persoalan infrastruktur seperti jalan rusak. Menanggapi hal tersebut, wakil bupati menegaskan, pembangunan infrastruktur di tingkat desa menjadi salah satu program prioritas pemerintahnya.

 

‘’ Infrastruktur merupakan persoalan penting dan perlu segera diperbaiki. Terlebih saat musim hujan tiba, banyak jalan di desa-desa rusak parah dan tentu akan menghambat pembangunan desa, khususnya wilayah-wilayah yang punya potensi wisata, jalan yang mulus menjadi kebutuhan utama, ini akan kita Fokuskan,’’ujarnya.

 

Wakil bupati juga mengajak kepala desa kreatif dan inovatif mengembangkan desa sesuai potensi yang ada. Pengembangan desa bisa dilakukan dengan memanfaatkan dana desa, serta membentuk BUMDes Bersama tingkat kecamatan. terlebih Karangsambung memiliki banyak potensi yang jika dikembangkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat.

 

‘’ Potensi ini jika dikembangkan akan menghasilkan ekonomi dan tentu secara otomatis dapat menurunkan angka kemiskinan. Untuk itu, desa harus bisa menangkap apa yang menjadi potensi desanya, seperti pengembangan desa wisata. Pemerintah tentu nanti akan mendorong dari segi Infrastrukturnya.’’imbuhnya. (*).

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *