Ditengah Pandemi Covid 19, Mahasiswi UNDIP KKN Seorang Diri di Kampung Halaman

SRUWENG – Guna memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang hingga kini masih terus berlangsung, banyak kegiatan masyarakat yang terpaksa harus dibatasi. Tak terkecuali bagi dunia pendidikan terutama mahasiswi yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 

Seperti yang dilakukan Marlina Anggraheni Rustami. KKN yang biasanya dilaksanakan berkelompok kini hanya dilakukan seorang diri di Kampung halamanya di Desa Karangpule Kecamatan Sruweng Kebumen. Meski begitu, mahasiswi semester 8 jurusan bahasa dan kebudayaan jepang fakultas ilmu budaya Universitas Diponegoro (UNDIP) ini tetap bersemangat dalam mengisi kegiatannya selama menjalani masa pengabdiannya sebagai mahasiswa KKN.

 

Salah satunya dengan memberi Sosialisasi pembuatan face shield dan tali gantungan masker kepada Ibu Ibu PKK disela sela kegiatan Germas, Selasa 2 Februari 2021, di Bale Desa setempat. Kegiatan disambut antusias oleh warga dan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

 

Pada kesempatan itu Lina menjelaskan bahwa dipilihnya kegiatan ini lantaran Tema yang diambil yakni pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi covid 19 berbasis pada pembangunan berkelanjutan.

 

‘’ Sosialisasi ini sekaligus praktek bagaimana membuat face shield dan tali gantungan masker,dengan harapan mereka akan lebih tertip memakai masker tanpa alasan pegah atau mudah hilang,’’ujarnya.

 

Disisi lain ia juga berharap, dengan mengetahui bagaimana cara membuat face shield dan tali gantungan masker, nantinya ketrampilan tersebut bisa menjadi alternatif usaha sehingga bisa menambah penghasilan warga.

 

‘’ Kalo udah bisa kan nantinya masyarakat juga dapat mengembangkanya jadi sebuah usaha untuk menambahk pemasukan ekonomi,’’imbuh Lina yang merupakan Putri dari Ketua Lazisnu Kebumen itu.

 

Selain sosialisasi, Lina juga mengatakan bahwa selama KKN, berbagai kegiatan lain jug telah dilakukan yaitu sosialisasi 3C dan 3M, serta sosialisasi bagaimana mencuci tangan yang baik menggunakan sabun di air yang mengalir. Adapun KKN Tim 1 2021 UNDIP ini, dilaksanakan dari 4 Januari hingga 16 Februari  2021.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *