Biar Lebih Efektif, Arif Sugiyanto Bakal Hapus Dua Dinas di Kebumen

PREMBUN – Guna terwujudnya efisiensi kinerja para ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Kebumen, beberapa kebijakan akan dilakukan oleh Bupati Kebumen yang baru nantinya. Salah satunya yakni menghapus dua dinas dan akan dilebur dengan dinas lain.

 

Hal itu disampaikan Bupati Kebumen terpilih H. Arif Sugiyanto SH, saat menggelar saresehan bersama para kepala desa se Kecamatan Prembun, di Kediaman Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Senin 25 Januari 2021, malam. Kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati Kebumen terpilih Ristawati Purwaningsih dan Camat Prembun Ahmad Ngaisom.

 

Dijelaskan Arif yang kini juga masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen bahwa dua dinas yang akan diganti nomenklaturnya dan akan dilebur dengan dinas lain, yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan digabungkan dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

 

Kemudian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH). Dinas ini akan dihapus, dan dipisah. Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Perkim akan digabungkan dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

 

Sedangkan Lingkungan Hidup atau LH akan digabungkan dengan Dinas Kelautan Dan Perikanan atau Dinlutkan. Menurutnya, peleburan dua dinas ini tidak lain adalah untuk efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas, serta efisiensi anggaran agar tidak tumbang tindih aturan dengan dinas yang lain.

 

“Ini kita lakukan mengingat jumlah ASN terbatas, sehingga perlu sekali adanya efektifitas dalam bekerja. Sehingga kami pandang dua dinas ini memang perlu dileburkan,” jelas Arif.

 

Arif berharap dengan peleburan ini Dinas Perhubungannya dan Dinas Kelautannya semakin besar. Dengan begitu pendapatan daerah serta aset daerah juga mengikuti. Selain itu, ASN dinilai juga bisa terpacu agar lebih giat lagi berkerja maksimal untuk masyarakat.

 

Lebih jauh Arif juga menyatakan, usai resmi dilantik sebagai Bupati Kebumen, rencananya juga akan memberikan perhatian kepada Kecamatan Prembun, wilayah Kebumen yang paling ujang disisi timur. Ia berjanji akan mempoles wajah Prembun menjadi lebih baik.

 

“Prembun ini merupakan wajah Kota Kabupaten Kebumen dari sisi timur yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten tetangga. Untuk itu pintu gerbangnya Kebumen perlu kita poles wajahnya,” ujar Arif.

 

Adapun bentuk polesannya, yakni merombak dan menata kembali alun-alun Prembun agar semakin bersih, indah dan nyaman. kemduian revitalisasi Terminal Prembun, agar bisa digunakan lagi, dan bisa memberikan manfaat lebih besar terhadap masyarakat. Termasuk pemanfaatan aset-aset desa nantinya.(*)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *