Tahun 2021, BLT DD Berlanjut dengan Nominal Rp 300.000 per KPM

MIRIT  – Ditengah pandemi covid 19 yang hingga kini masih berlangsung, beberapa bantuan sosial (Bansos) akan terus berlanjut pada tahun 2021. Salah satunya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dengan nominal Rp 300.000 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

 

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, saat menggelar kegiatan Sarasehan Dengan Paguyuban Kepala Desa Se-Kecamatan Mirit di Rumah Kepala Desa Kertodeso Kecamatan Mirit Kebumen, Rabu 13 Januari 2021 malam.

 

‘’ Bantuan Langsung Tunai Dana Desa BLT DD yang bersumber dari Kementerian Desa di tahun 2021 akan segera disalurkan kepada masyarakat dengan nominal Rp 300 ribu per KK selama 12 bulan terhitung dimulai pada bulan Januari hingga Desember mendatang,’’jelas Arif.

 

Adapun untuk KPM yang mendapatkan BLT DD tersebut, akan didata terlebih dahuulu oleh pemerintah desa dengan pendataan sesuai persyaratan yang berhak mendapatkan BLT DD. Setelah didata baru pemerintah desa melaksanakan musyawarah desa atau MUSDes.

 

“Dalam proses pendataan dan MUSDes kita kawal agar penyaluran BLT DD tepat sasaran. Sementara itu, untuk KPM di tahun 2021 bisa jadi bertambah bisa jadi berkurang. Tergantung dari keputusan MUSDes.”ujar Wabup Arif.

 

Lebih lanjut Arif mengatakan, BLT DD tersebut diberikan guna membantu pemulihan ekonomi masyarakat ditengah Pendemi covid 19. Meski begitu dalam pencairan Bansos desa tersebut dilaksanakan setelah anggaran untuk desa turun dari kementrian desa.

 

‘’ Pencairan masih menunggu turunnya anggaran Dana Desa dari kementerian desa, hal ini tergantung bagaimana desa mengajukan dana tersebut, semakin cepat desa mengusulkan semakin cepat BLTDD bisa dibagikan kepada masyarakat,’’imbuh Wabup.

 

Terkait penyaluran sendiri, menurut Wabup kewenangannya ada pada pemerintah desa itu sendiri, apakah akan ditransfer melalui rekening ataupun dibagikan secara langsung. Sedangkan pemkab sendiri hanya memberikan rambu rambu dan pendampingan melalui musdes.

 

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen, Frans Haidar serta Forkopimcam Miirit.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *