Refleksi Akhir Tahun Kecamatan Alian, Wabup Kebumen Bahas Pembangunan Embung

ALIAN –  Jelang pergantian tahun 2021 masih banyak pekerjaan rumah atau PR yang belum terselesaikan, bukan hanya di tingkat pemerintah kabupaten, tapi juga pekerjaan di tingkat kecamatan dan desa. Untuk itu Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meminta kepada semua pihak bisa merefleksikan diri apa yang menjadi kelemahan kedepan bisa terlaksana dengan baik.

 

Hal itu ia tegaskan saat menghadiri acara refleksi akhir tahun di Pendopo Kecamatan Alian, Senin 28 Desember 2020 kemarin. Turut hadir Camat Alian Sugito Edi Prayitno,Anggota DPRD Kebumen Wahid Mulyadi, Sekretaris SatpolPP Kebumen Suratno serta kepala Desa se Kecematan Alian. Refleksi ini sebagai bentuk evaluasi sekaligus singkronisasi program antara pemerintah kabupaten dengan struktur di bawahnya, yakni kecamatan dan desa.

 

Pad kesempatan itu, Arif menilai kinerja Pemerintah di Kecamatan di Alian secara keseluruhan sudah cukup baik. Kendati begitu beberapa persoalan sosial juga masih perlu diselesaikan. Seperti perbaikan jalan rusak dan penyediaaan Embung air dinilai perlu dan harus cepat dikerjakan karena ini masuk dalam kebutuhan utama masyarakat.

 

” Saya melihat bagaimana anggaran sarapannya di Alian sudah cukup baik, hanya saja ada beberapa permasalahan sosial ditahun depan perlu di kerjakan secara bersama sama,’’ujar Wabup.

 

Selain itu Arif juga menyubut persoalan banjir di Alian termasuk di kecamatan lain yang hampir setiap tahun terus berulang karena luapan sungai. Untuk itu persoalan semacam ini perlu segera dicarikan solusinya.

 

“Pertama setiap sungai ini menjadi kewenangan Balai Besar kita akan koordinasi supaya pembangunannya ini bisa lebih baik, kalau memang dari Balai Besar tidak menganggarkan untuk kegiatan kita harus action ada MoU agar masyarakat tidak menjadi korban, kemarin di Desa Krakal ini saya hadir pada saat banjir kurang lebih 30 kambing yang mati dan ini menjadi keprihatinan,” ujar Wabup.

 

Lebih jauh Arif menyatakan, pihaknya juga akan menyiapkan program padat karya yang akan disinergikan dengan program pembangunan desa. Hal ini dinilai penting karna serapan tenaga kerja di Kabupaten Kebumen tergolong masih sangat kurang karena dampak covid-19.

 

Sementara itu, Anggota DPRD Kebumen Mulyadi mengatakan ke depan akan mensinkronkan visi misi dari Arif Sugiyanto sebagai calon bupati terpilih Kebumen dengan potensi yang ada di Kecamatan Alian. Salah satunya potensi utamanya adalah berbasis agrobisnis.

 

“Untuk Kecamatan Alian tentunya ke depan kita akan melihat bagaimana visi dan misi calon bupati terpilih Pak Arif Sugiyanto untuk disinkronkan dengan potensi di kecamatan Alian, Kecamatan Alian sendiri potensinya adalah berbasis agrobisnis,”

 

Untuk itu dalam lima tahun ke depan salah satu program unggulan adalah penanaman pohon kelapa genjah enthog, yang nantinya akan mendapat dana afirmasi peningkatan agrobisnis terpadu. Sehingga program tersebut bisa berkelanjutan selama 5 tahun ke depan.

 

“Salah satu program unggulan dalan lima tahun kedepan ini adalah penanaman genjah enthog yaitu pohon kelapa yang nanti akan masuk program dapat dana afirmasi peningkatan agrobisnis terpadu sehingga itu program berkelanjutan selama lima tahun tahun kedepan,” kata Mulyadi.

 

Lebih lanjut dikatakan Mulyadi, kota Kecamatan Alian adalah Desa Krakal, untuk itu terkait dengan insfratruktur pihaknya akan mensinkronkan dengan misi bupati terpilih Kebumen yakni program Jamu Seger atau jalan mulus ekonomi bergerak.

 

Untuk itu diharapkan hal tersebut menjadi prioritas dalam pembangunan insfratruktur di Kecamatan Alian, dimana di Desa Krakal terdapat potensi wisata pemandian air panas Krakal yang sudah sangat terkenal hingga keluar daerah.

 

Disisi lain ia menilai Kecamatan Alian memiliki salah satu titik ibu kota kecamatan yakni Desa Krakal dan hingga kini masih perlu penanganan terkait perbaikan infrastruktur. Untuk itu, sesuai dengan program bupati terpilih yaitu Jamu Seger jalan mulus ekonomi bergerak, Mulyadi berharap kedepan seluruh jalan di kecamatan Alian bisa menuju standar.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *