Pemerintah Desa Kalirancang Bangun Bukit Sikenap Menjadi Obyek Wisata

ALIAN – Pemerintah Desa Kalirancang Kecamatan Alian bersama masyarakat kini mulai mengembangkan potensi wisata yang ada di desa. Salah satunya yakni membangun obyek wisata alam bukit sikenap yang berada di dekat Cagar Budaya Petilasan Sabdo Guno

 

Seperti terlihat pada Minggu 27 Desember 2020. Proses pengerjaan bangunan sudah hampir 50 persen. Adapun pembangunan meliputi tempat camping, flying fox hingga perkebunan buah seperti pepaya dan juga kelapa genjah entok.

 

Ketua Bumdes Desa Kalirancang Yuda mengatakan dalam tahap pembangunan bukit sikenap melibatkan seluruh masyarakat. Tempat ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam wahana permainan untuk anak anak hingga spot selfi dengan pemandangan rangkaian perbukitan karangsambung. Belum lagi ditambah dengan tempat istirahat atau homestay yang nyaman untuk para pengunjung.

 

” Patut disyukuri saat ini warga desa sudah mulai sadar akan potensi wisata, dan memang dengan wisata, apalagi wisata alam bisa meningkatkan pendapatan masyarakat tanpa harus adanya kerusakan hutan,” ucap Yuda.

 

Wisata ini akan dikelola oleh pokdarwis desa dan bekerjasama dengan pemerintah desa melalui bumdes kalirancang. Rencananya wisata ini akan dilaunching atau dibuka pada awal tahun 2021 mendatang.

 

” Nantinya disini akan dibangun taman disetiap sisinya beserta kebun buah dan juga beragam permainan untuk anak anak dan dewasa, tidak berhenti disitu nantinya juga akan disediakan spot Selfi bagi pengunjung dan juga  tempat peristirahatan yang juga nyaman dan Asri,” imbuh Yuda.

 

Sementara itu Sutarto selaku juru kunci cagar budaya petilasan makam sabdo guno mengatakan, makam tersebut sudah dikeramatkan secara turun temurun, dan dipegang oleh anak keturunan dari mbah sabdo guno. Tempat ini sering dikunjungi masyarakat yang sengaja datang untuk berziarah.

 

Sebagai cagar budaya yang telah diakui oleh pemerintah kabupaten kebumen, petilasan tersebut akan segera dibangun menjadi wisata religi.  Untuk menuju kawasan wisata bukit sikenap sendiri hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota kebumen, dan terletak di sebelah selatan obyek wisata pemandian air panas krakal.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *