Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kebumen Sosialiasasikan Pilkada ke Kaum Difabel

SRUWENG – Aksesibilitas (kemudahan) bagi penyandang disabilitas dan penerapan protokol Covid-19 menjadi perhatian khusus bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen pada penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan berlangsung Rabu 9 Desember 2020  mendatang. Untuk itu sosialiasai dirasa penting guna memberikan pemahaman kepada kaum difabel agar kontestasi pilkada nantinya berjalan dengan aman dan lancar.

 

Seperti kegiatan yang digelar di RM Yunani Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen, Senin 30 November 2020. Sosialisasi pilkada kepada kelompok disabilitas atau berkebutuhan khusus se Kabupaten Kebumen.

 

Kegiatan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatakan partisipasi pemilih khususnya dari penyandang disabilitas. Sosialisasi juga menghadirkan penerjemah atau juru bahasa isyarat.

 

Agus Hasan Hidayat selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kebumen mengatakan, bahwa sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2017 tentang pendidikan pemilih dan pilkada paslon tungga di tengah pandemi covid. Maka akan dilakukan dengan prinsip kesehatan dan keselamatan dengan wajib mengikuti protokol kesehatan.

 

Selain itu, dalam sosialisasi ini, KPU juga memberikan pemahaman bagi pemilih agar nantinya kaum disabilatas dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dengan memahami paslon. Disisi lain, peserta juga diberikan arahan mengenai tata cara atau mekanisme pemilihan dan juga dihimbau ahar tidak mudah tergiur dengan iming-iming uang atau materi lainya dalam menentukan hak suaranya.

 

“Dalam memilih, disabilitas juga cerdas dan bertanggung jawab. Mereka bisa memahami siapa paslonnya, bagaimana mekanisme pencoblosan, dan tidak tergoda jika ada iming-iming materi saat menggunakan hak suaranya,’’imbuhnya.

 

Sementara itu, Dzakiatul Banat Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kebumen mengungkapkan dari total DPT 1.037.802 ada  2.623 pemilih penyandang disabilitas yang tersebar di 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen. Dimana ada empat kategori disabilitas yakni disabilitas fisik, disabilitas intelektual,disabilitas mental atau tunagrahita, dan disabilitas sensorik.

 

“KPU Kebumen untuk Pilkada tahun 2020 ini sudah menetapkan data pemilih tetap sejumlah 1.037.802 yang didalmanya teradapat 2.623 pemilih penyandang disabilitas”, ungkapnya.

 

Dijelaskannya, selama penyelenggaraan pemilu yang pernah dilaksankan di Kabupaten Kebumen, tingkat partisipasi pemilih penyandang disabilitas dinilai masih belum maksimal. Untuk itu KPU Kebumen sejak tahun 2019 telah mencanangkan pemilu inklusif dan ramah disabilitas sebagai upaya memaksimalkan partisipasi pemilih penyandang disabilitas .

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *