Tekan Kasus Stunting, Masyarakat Desa Temanggal Diajak Gelorakan Pola Hidup Sehat

ADIMLYO –  Sebagai upaya untuk mencegah dan menekan angka kasus stunting, masyarakat Desa Temanggal Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen diajak untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat. Salah satunya yaitu melalui kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

 

Dalam acara yang berlangsung Jumat Jum’at 21 November 2020 itu, diawali dengan senam bersama dan dilnjutkan sosialisasi kesehatan dari petugas kesehatan Puskesmas Adimulyo. Kegiatan diikuti oleh kader kesehatan desa, PKK, serta pemerintah desa dan warga dengan penerapan protokol kesehatan Covid 19 di kantor balai desa setempat.

 

Pada kesempatan itu Kepala Desa Temanggal, Ahmad Mujaki mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan cara hidup bersih, rajin berolahraga dan makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna. Hal itu dilakukan mengingat Desa Temanggal  sejak tahun 2013 ditetapkan sebagai Lokasi Khusus (loksus) stunting. Dimana sejak itu terdapat 13 Kasus dan kini ditahun 2020 menurun menjadi 8 kasus.

 

“Tahun 2013 lalu Desa Temanggal ditetapkan sebagai loksus stunting, akan tetapi di tahun 2020 ini angka stunting di desa kami telah banyak mengalami penurunan,’’ujarnya.

 

Perlu diketahui stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *