Jelang Natal dan Tahun Baru, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

KEBUMEN – Menjelang Natal dan Tahun Baru sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Tumenggungan Kebumen mulai menrangkak naik. Kenaikan tersebut dipicu karna adanya cuaca buruk beberapa waktu lalu yang menyebabkan sejumlah setok barang mulai langka.

 

Seperti terpantau pada Sabtu  November 2020. Kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok terjadi terutama pada harga cabai rawit, cabai merah besar dan ayam potong yang mencapai 10 hingga 20 persen.

 

Salah satu pedagang daging ayam Badriyah menuturkan, kenaikan terjadi sudah dari satu bulan lalu, dan hingga saat ini belum ada penurunan. Dari harga eceran yang sebelumnya RP. 25 ribu, kini mencapai mencapai Rp.32 ribu. Hal ini dikarenakan langkanya barang dan terlambatnya pengiriman akibat cuaca buruk.

 

” Sudah ada satu bulan kenaikan harga ayam potong untuk eceran tadinya hanya Rp.25 ribu sampai Rp.26 ribu sekarang sudah Rp.32 ribu, hal tersebut dikaranakan langkanya barang dan pasokan yang terhambat akibat cuaca buruk,” ujar Badriyah.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Tria Ayuni pedagang sayuran, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit yang awalnya harganya Rp.30 ribu sekarang mencapai Rp. 45 ribu. Selain itu harga cabai besar hijau yang tadinya seharga 15 ribu kini Rp 20 ribu. Sedangkan untuk cabai merah besar saat ini mencapai Rp.35 ribu, dan untuk harga tomat hanya Rp.8 ribu saat ini sudah mencapai Rp.12 ribu.

 

” Untuk cabai dari cabe rawit merah, cabai merah besar dan juga cabai besar hijau mengalami kenaikan,”ungkap Tria.

 

Adapun untuk harga jenis bawang merah dan bawang putih terbilang stabil, yakni berkisar Rp 35 ribu dan Rp. 30 ribu.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *