Cegah Terjadi Bencana Alam, Masyarakat Grenggeng Diajak Menanam Pohon

KARANGANYAR  – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir maupun longsor, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Jawa Tengah mengajaka masyarakat untuk peduli dengan kelestarian hutan. Salah satunya dengan cara gerakan menanam pohon.

 

Seperti yang dilakukan di Desa Grengeng Kecamatan Karangsanyar, Minggu 22 November 2020. Dinas LHK Jateng memberikan 10.000 bibit tanaman berupa tanaman hutan seperti kayu-kayuan, buah-buahan dan rumput vetiver atau akar wangi. Selain itu, masyarakat juga diajak bersama sama untuk menanam pohon.

 

Plt Kepala Dinas LHK Provonsi Jawa Tengah, Widi Hartanto menyampaikan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya rehabilitasi lahan kritis dan pencegahan. Adapun gerakan menanam pohon ini di lakukan secara serentak di berbagai lokasi daerah rawan bencana di Kabupaten Kebumen.

 

 

Menurutnya, terjadinya bencana alam sering disebabkan karna lingkungan sekitar rusak. Untuk itu gerakan menanam pohon ini sangat penting dilakukan agar lingkungan maupun hutan terjaga dan tetap lestari.

 

“Kerusakan lingkungan itu menyebabkan bencana, untuk itu kita harus gerakan kepada masyarakat dan stek holder untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan hutan agar tetap lestari,’’ Kata Widi Hartanto.

 

Sementara itu PLT Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, hingga saat ini ada 258 titik lokasi banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Kebumen. Untuk itu pihaknya telah melakukan pendataan khususnya daerah-daerah yang rawan bencana agar bisa segera dilakukan rehabilitasi dengan gerakan penanaman pohon.

 

“Di Desa Grenggeng sendiri total ada 8 titik lokasi atau sekitar 23 hektar, selain itu gerakan menanam ini juga dilakukan di 26 desa lain di kebumen secara serentak” jelas Teguh.

 

Turut hadir pada kegiatan itu, perwakilan Dinas PU Jateng, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 8, PSDA Provinsi, Perhutani Kedu Selatan, Plt Asisten Setda Kebumen, Kepala Dinas LH Kebumen serta Pemerintah Desa setempat.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *