Setiap Hari Jumat, Warung Makan ini Gratiskan Pembeli

KEBUMEN  – Untuk berbuat baik atua bersedekah tak perlu menunggu harus kaya, itulah prinsip hidup yang tertanam dalam diri Ibu Irfangi (45) salah satu pemilik warung makan di jalan Tentara Pelajar tepaptnya samping SPBU Kewedusan Kebumen. Setiap hari Jumat, makanan daganganya ini hanya diberikan secara gratis kepada setiap warga yang datang ke warungnya.

 

Seperti yang dilakukan pada Jumat 13 November 2020 kemarin. Sehabis Sholat Jumat, warung ini ramai di padati warga yang ingin sekedar makan untuk mengisi perutnya yang kosong. Uniknya, tidak semua pembeli yang datang banyak yang justru tidak mengetahui jika makanan yang telah dimakan tidak untuk dijual melaiankan diberikan secara cuma cuma alias gratis.

 

Selain karna pemilik warung sengaja tidak memberi tanda tulisan jika makanan itu gratis, hal ini juga dilakukan sebagai cara agar warga yang datang tidak sungkan atau malu jika akan menyantap makanan gratis.

 

Menurut Ibu Irfangi, berbuat baik itu tidak harus diketahui orang lain, akan tetapi cukup dengan iklas memberinya. Cara ini sudah ia lakukan sejak 4 tahun lalu sebagai bentuk kepedulianya kepada masyarakat. Terlebih ditengah pandemi covid 19 seperti sekarang ini.

 

‘’ Ya kalo di kasih tulisan gratis nanti masyarakat tidak mau datang, mereka pasti banyak yang malu jika dikira mau cair makanan yang gratis, jadi senagaj kita nggak kasih tulisan.,’’ucapnya kepada Wartawan.

 

Adapun makanan yang ia hidangkan, diantaranya seperti nasi soto, nasi pecel, lontong, hingga makanan gorengan dan minuman yang seluruhnya diberikan secara gratis bagi siapa saja warga yang datang ingin menyantapnya.

 

Meski begitu, tetap ada pengecualian, salah satunya yakni masyarakat yang sengaja ingin membeli untuk dibungkus dibawa pulang. Jika makanan senilai dibawah 10 ribu, maka tetap diberikan secara gratis, namun jika lebih, maka tetap diminta untuk membayarnya.

 

‘’ Ya kalo dibungkus terus terang kami tidak semuanya kasih gratis, tergantung banyak atau tidak, kalo makanya lebih dari 10 ribu ya mereka tetap bayar, tapi kalo masih dibawahnya ya kita tetap gratiskan,’’imbuhnya.

 

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung warung Lukman Hakim mengatakan, adana warung makan gratis ini sangat membantu masyarakat khususnya ditengah pandemi covid 19 seperti sekarang ini. Dirinya berharap hal ini bisa memotivasi warung lainya agar lebih gemar dalam berbagi.

 

‘’ Ini menurut saya bagu sekali ya, karna ditengah situasi sulit sperti sekarang ini kan banyak warga yang sekdar mau makan siang terkdang tidak punya uang, jadi kalo banyak warung yang bisa sperti ini pasti masyarakat bawah pasti akan terbantu,’’ujar Lukman yang juga merupakan salah seorang wartawan kebumen itu.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *