Diguyur Hujan Deras, Empat Rumah Warga di Kebumen Terdampak Longsor

KEBUMEN – Hujan deras yang melanda kebumen kembali mengakibatkan Longsor. Kali ini terjadi di Dukuh Bojong Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen. Akibatnya 4 rumah warga terdampak dan harus direlokasi.

 

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto, mengatakan peristiwa bergeraknya tanah di RT 3 RW 1 Kelurahan Panjer terjadi pukul 01.00 WIB Selasa 10 November 2020 kemarin. Kondisi tersebut cukup menakutkan karena berlangsung sekitar 2 jam lamanya. Selain longsor 30 meter, juga terjadi retakan tanah kurang lebih 50 hingga 70 meter.

 

Adapun kedalaman longsor bervariasi mulai 7 hingga 12 meter. Sedangkan rumah yang rusak melanda rumah Supangat, Suprapti, Paiman dan Wahyuniatun. Total jiwa yang terdampak sebanyak 14 orang dengan keadaan selamat.

 

“Penghuni rumah total 14 jiwa direlokasi sementara di 4 bangunan rumah dinas bekas RSUD Kebumen,” jelasnya.

 

Selain upaya assesmen oleh petugas, BPBD Kebumen bersama kepolisian memasang garis polisi sebagai tanda bahaya di sekitar lokasi. Selain itu, aliran listrik maupun saluran air dari PDAM juga diminta agar diputus.

 

“Akan dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh tim geologi LIPI dan Bandung terkait kondisi tanah yang bergerak,” tandasnya.

 

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *