Debat Publik Pilkada Perdana, Arif Rista Komitmen Bakal Sejahterakan Gunu Honorer

KEBUMEN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih berkomitmen bakal memajukan kualitas pendidikan di Kebumen yang beradab. Salah satunya yakni kesejahteraan guru honorer harus ditingkatkan.

 

Hal itu disampaikan pada acara Debat publik perdana pilkada Kebumen yang disiarkan langsung oleh Ratih TV Kebumen dan radio In Fm Kebumen, Rabu 4 Oktober 2020. Diakui pendidikan di Kebumen masih kalah jauh dari bebarapa daerah lain. Menurutnya persoalannya adalah masih kurangnya tenaga pengajar di Kebumen.

 

“Guru kekurangannya 1088, guru agama kekurangnya 434. Ini menunjukan ketimpangan pendidikan di Kebumen sangat tinggi. Oleh karena itu kami hadir langsung dan kami cek langsung. Ternyata ada guru-guru GTT atau honorer yang belum tercatat dengan baik,” ujar Arif.

 

Arif yang masih menjadi Wakil Bupati Kebumen dan kini mengambil cuti menyampaikan bahwa pihaknya sebelumnya sudah pernah melakukan kunjungan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperjuangkan para guru honorer di Kebumen agar masuk dalam Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.

 

“Tujuannya tentu agar kesejahteraan yang terukur untuk para pendidik. Kita masih prihatin bagaimana anak-anak kita di sekolah nilainya ada, tapi gurunya seolah-olah tidak ada. Karena itu dengan pendataan para guru dan program insentif untuk para guru diharapkan pendidikan di Kebumen lebih bermartabat,” tegasnya.

 

Disis lain Arif menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pelatihan untuk para guru agar lebih kompetitif dalam mendidik siswa-siswinya. Karena syarat dari pendidikan yang berkualitas adalah guru harus punya kemampuan yang unggul, dengan didukung infastruktur pendidikan yang memadai.

 

Seperti diketahui, debat public yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kebumen itu menghadirkan lima panelis yang sudah dipilih KPU. Pada kesempatan itu Arif Rista diberikan kesempatan untuk menjabarkan visi misinya dan diberikan ruang waktu untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disediakan menyangkut persoalan sosial, hukum, budaya, kesehatan dan juga pendidikan.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *