Menteri Muhajir Efendi Resmikan Gedung Isolasi Khusus Covid-19 di Gombong

GOMBONG  –  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Efendi meresmikan gedung isolasi khusus pasien Covid-19, Selasa 3 November 2020. Gedung Isolasi Terpadu Al Mu’min, Instalasi Radioterapi dan Kemoterapi terpadu, Instalasi Hemodialisa Terpadu terletak di RS PKU Muhammadiyah Gombong.

 

Gedung isolasi tersebut memiliki kapasitas 90 TC dan 10 ICU Covid-19, Hemodialisa 5, radiologi, laboratorium dan pemulasaraan jenazah khusus untuk pasien Covid-19. Peresmian turut dihadiri Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, dan segenap Forkopimda Kebumen.

 

Menteri Muhajir mengatakan, adanya gedung isolasi khusus Covid-19 ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di wilayah Jateng Selatan. Dalam penanganan Covid-19, standar Kementerian Kesehatan mensyaratkan harus terpisah dengan pasien lainnya. Ini sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 kepada pasien lain di suatu rumah sakit.

 

“Tata kelola rumah sakit disini sangat baik termasuk dalam penanganan Covid-19. Kami juga memberikan dukungan agar Muhammadiyah semakin baik dalam ikut serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” katanya.

 

Pada kesempatan itu, juga diberikan sejumlah bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan sarana prasarana ruang isolasi Covid-19. Muhajir pun berpesan, agar para dokter maupun perawat khusus covid-19 mengutamakan keselamatan diri dan pasien. Salah satunya yakni disiplin menggunakan APD yang standar dan tepat dalam penggunaannya.

 

“Para dokter harus mengutamakan keselamatan diri. Bagaimana mau menyelamatkan pasien kalau dirinya tidak,” imbuhnya.

 

Sementara Ganjar Pranowo berharap, fasilitas gedung isolasi khusus ini memberikan peningkatan fasilitas kesehatan di wilayah selatan. Bukan saja untuk Covid-19, lebih jauh juga berperan untuk penanganan pasien lainnya. Karena selama ini untuk wilayah Kebumen jika rujuk masih mengandalkan RS Margono Soekarjo di Purwokerto ataupun Yogyakarta.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *