Relawan Paslon Arif Rista Sesalkan Belasan APK Pilkada Dirusak

KEBUMEN – Belasan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Pilkada Kebumen mengalami pengrusakan. Kerusakan APK dalam bentuk baliho itu setidaknya ditemukan di Kecamatan Kebumen, Buluspesantren dan Gombong.

 

Terkait kondisi tersebut, relawan pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih menyesalkan adanya pengrusakan.

 

Salah satu relawan Arif Rista Hariyanto Fadeli, mengatakan indikasi pengrusakan diduga oleh kelompok-kelompok yang tidak suka dengan Paslon. Menurutnya hal tersebut tidak etis dilakukan dalam perhelatan pesta demokrasi yang semestinya diisi dengan kegiatan mendidik. Jika memiliki ketidaksukaan dengan paslon dapat menyampaikan melalui argumentatif yang baik.

 

‘’ Mari duduk berdiskusi dan berargumen dalam forum jangan merusak APK. Orang panik bisanya merusak gambar yang tak berdosa, adu argumen bukan anarkis, ‘’katanya, Minggu 1 November 2020 kemarin.

 

Menurut Hariyanto, ada kesan pembiaran dari Bawaslu terkait dengan pengrusakan APK. Ia pun merasa kecewa dengan banyaknya jumlah pengrusakan yang tidak lain adalah fasilitas dari KPU Kebumen. Padahal saat hendak pemasangan APK, Bawaslu melakukan pengawasan dengan ketat kepada tim kampanye paslon.

 

‘’ Saat pemasangan kami mentaati aturan yang berlaku, namun setelah terpasang justru terjadi pengrusakan. Ini seperti adanya kontradiktif dari kinerja Bawaslu, ‘’tegasnya.

 

Jika tidak segera ada tindakan dari Bawaslu, Hariyanto khawatir akan terjadi pengrusakan yang lebih besar terhadap APK. Ia pun tidak segan meminta pertanggungjawaban kinerja Bawaslu Kebumen. Ia juga mempertanyakan apakah pengawasan yang dilakukan Bawaslu harus menunggu laporan terlebih dahulu baru dapat bergerak. Bila tidak dapat menjangkau, maka pengawasan dapat dilakukan Panwascam ataupun Panwas Desa/Kelurahan.

 

‘’ Kemana Bawaslu, kenapa diam. Jujur kami kecewa melihat kinerja Bawaslu saat ini,’’keluhnya.

 

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Kebumen Arif Supriyanto, mengungkapkan sudah mendengar informasi perusakan tersebut. Terkait langkah, pihaknya tengah melakukan penelusuran siapa pelaku pengrusakan APK tersebut. Karena proses yang dilaksanakan pihaknya harus mengetahui siapa pelaku pengrusakan.

 

‘’ Sampai saat ini belum mengetahui identitas pelaku, ucapnya.’’

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *