Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Panen Raya Desa Tangguh di Majalengka

MAJALENGKA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Panen Raya Serentak dan Penebaran Benih serta Peluncuran Program Kampung Tangguh Nusantara di seluruh Indonesia, Kamis (9/7/2020).

Di kabupaten Majalengka Jawa Barat, panen raya dan peninjauan Lembur Tohaga Lodaya atau Desa Tangguh Majalengka Raharja di Desa Liangulang Kecamatan Kadipaten dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, secara virtual.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Bupati Majalengka, Kasdam III Siliwangi Brigjen Kunto Arif Wibowo, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga, jajaran pejabat utama (PJU) Polda Jabar, Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Harry Subarkah, , PJU Polres Majalengka, unsur Forkopimda Majalengka serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jabar melihat Panen Raya Desa Tangguh Majalengka Raharja, sebagai upaya ketahanan pangan dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak dari pandemi COVID-19.

“Kampung tangguh ini adalah program Kapolri yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polres di Indonesia. Di Jabar sendiri ada sekitar 700 kampung tangguh dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di Jabar. Minimal setiap Kecamatan wajib ada satu desa tangguh,” kata Kapolda Jabar.

Kapolda Jabar juga melaunching Aplikasi Penanggulangan Karhutla berbasis IT (E-PMR/Electronic Polres Majalengka Raharja) yang ditandai dengan Pemukulan Kentongan. Tak lupa, pemberian sembako secara simbolis dilakukan oleh Kapolda Jabar, Kasdam III/ Siliwangi, Bupati, Kapolres dan Dandim kepada perwakilan masyarakat.

Bahkan ada peninjauan Ketangguhan Sinergitas Polres Majalengka, Kodim 0617 Majalengka dan Pemkab Majalengka (3 Pilar), meliputi Produk UMKM Majalengka, Aplikasi Penanggulangan Karhutla berbasis I.T (E -PMR ), Tanaman Hidroponik, Tanaman Ketahanan Pangan, Panen Ikan diantaranya Ikan Nila, Ikan Mas dan Ikan Lele Dumbo.

Lebih dari itu dilakukan pula pengecekan Ruang Isolasi, Poskesdes, Posluhdes, Gudang Sembako, Dapur Umum hingga Tangguh Ternak.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso mengungkapkan, Panen Raya Desa Tangguh Majalengka Raharja di Desa Liangjulang mencakup areal seluas 8 hektare yang merupakan lahan milik pemerintah desa dan warga setempat.

“Hasil panen padi 1 hektar bisa menghasilkan 5-6 ton padi dengan usia tanam 97 hari. Sedang Ikan yang dipanen adalah nila, emas, dan lele dumbo total sekitar 1 ton,” terangnya.

Selain padi dan ikan, lanjut Bismo, pihaknya juga panen sayuran hidroponik yang dibudidayakan oleh anggota Polres Majalengka. “Hasil dari panen ini kita bagikan untuk masyarakat setempat,” pungkasnya.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *