Yes, Puncak Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Terjadi H-6

KARAWANG – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik terjadi hari ini, atau H-6 Lebaran 2018.

“Jasa Marga memprediksikan hari ini menjadi puncak arus mudik, diperkirakan ada sekitar 114 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta,” kata Direktur Jasa Marga Desi Arryani seusai acara pelepasan mudik bareng BUMN di Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Jasa Marga akan memantau kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena 60 persen penduduk Jakarta akan menggunakan tol ini untuk mudik.

Apalagi pelarangan truk beroperasi selama masa mudik baru efektif berjalan pada Selasa (12/6) nanti.

“Meski sudah ada imbauan, tetapi larangannya berlaku pada Selasa, jadi kemungkinan masih ada truk-truk yang lewat di sepanjang tol,” kata dia.

Dia mengatakan pada Jumat (8/6) jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta masih di bawah prediksi Jasa Marga. Lalu lintas hanya meningkat 18 persen dari biasanya.

Jasa Marga juga memberi diskon jalan tol pada Selasa (12/6) dan Rabu (13/6) untuk menarik animo masyarakat mudik pada hari tersebut.

“Ini dimaksudkan agar lalu lintasnya menjadi stabil, sehingga kepadatannya merata,” kata Desi.

Kondisi terkini Tol Jakarta-Cikampek, petugas juga memberlakukan contra flow atau lawan arus sepanjang 12 kilometer menyusul padatnya arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Cikampek pada Sabtu (9/6/2018) pagi.

“Arus lalu lintas di jalan tol sudah mulai padat memasuki H-6 Lebaran,” kata Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti, di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan arus yang mengakibatkan kemacetan, petugas memberlakukan contra flow di jalan Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 12 kilometer.

Contra flow mulai digelar dari kilometer 35 hingga kilometer 47,” katanya.

Menurut dia, contra flow dilakukan untuk mengurai kemacetan seiring mulai meningginya volume kendaraan dari arah Jakarta.

Pada Jumat (8/6/2018), jumlah kendaraan yang melewati Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Cikampek dan sekitarnya saat puncak arus mudik Lebaran 2018, yang diperkirakan hari ini, berkisar 114.000 unit dalam sehari menurut General Manager Tol Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman.

Ia mengemukakan semula puncak arus mudik lewat Gerbang Cikarang Utama diperkirakan terjadi tiga hari menjelang Lebaran pada Selasa (12/6), namun setelah pemerintah memperpanjang cuti bersama puncak arus mudik di area itu diperkirakan bergeser ke Sabtu (9/6), enam hari sebelum Lebaran.

Tag: Polres Karawang, Polres Ciamis

Sumber berita : Tribratalangit.com

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *