Contra Flow Sepanjang 12 km Berlaku di Karawang

KARAWANG – Memasuki H-6 Hari Raya Idul Fitri, kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama, hingga Sabtu (9/6) sore, terpantau lancar. Namun pada pagi harinya sempat diberlakukan contra flow sepanjang 12 km karena terjadi penumpukan kendaraan.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, ada peningkatan lalu lintas di Tol Cikampek hingga 23 persen. “Dibandingkan hari biasa ada kenaikan 23 persen. Beberapa truk juga sudah dilarang untuk melintas sejak tadi Jumat malam, cuma beberapa masih bisa lewat seperti truk yang membawa BBM dan bahan pangan,” ujar Budi di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Dari hasil pandangan mata, hingga Sabtu sore terlihat berbagai kendaraan pemudik yang mendominasi ruas jalan tol di Gerbang Tol Cikarang Utama. “Kendaraan besar sudah dihentikan untuk lewat dua jalan tol yaitu tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Merak sejak 8 Juni,” ujarnya.

Sempat diberlakukan contra flow pada pukul 08.50 WIB di Km 35 hingga 47 (12 km) arah Cikampek. Namun 40 menit kemudian, sekira pukul 09.40, contra flow tersebut diberhentikan karena lalu lintas di lokasi tersebut sudah kembali normal.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti, mengatakan contra flow dilakukan untuk mengurai kemacetan seiring mulai meningginya volume kendaraan dari arah Jakarta. Kepadatan kendaraan terjadi akibat bottleneck atau penyempitan jalan di kilometer 38. Dari empat lajur menjadi tiga lajur.

Tag: Polres Karawang, Polres Ciamis

Sumber berita : Tribratalangit.com

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *