Pengedar Pil Koplo Diamankan Polres Kebumen

KEBUMEN — Pergaulan generasi anak muda saat ini makin tidak terkontrol. Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras hingga penyalahgunaan narkoba kian marak. Kini para orang tua di Kebumen diharapkan waspada terhadap anak-anak mereka yang telah remaja. Pasalnya, dalam operasi kepolisian yang digelar Polres Kebumen beberapa waktu lalu mengamankan pengedar Pil Y atau Pil Koplo Plinteng yang efeknya cukup berbahaya jika disalahgunakan.

Sat Narkoba Polres Kebumen mengamankan pengedar Pil Plinteng berinisial RD alias Kentung (22) warga Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kebumen. Kentung diamankan bersama barang bukti 32 butir Pil Plintheng, uang tunai 60 ribu rupiah, serta handphone yang digunakan untuk bertransaksi pada hari Jumat (06/04/2018) sekira pukul 21.30 wib di pinggir jalan depan SPBU Sari Bahari Buayan Kabupaten Kebumen.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Masngudin, Kentung telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. “Saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh Sat Narkoba kepada tersangka. Tersangka juga telah mengakui Pil Y itu adalah miliknya,” kata AKP Masngudin.

Dihubungi terpisah, Kasat Narkoba Polres Kebumen AKP Hari Harjanto, peredaran Pil Y di Kebumen merupakan kasus baru. Penjualannya dipastikan ilegal karena tidak ada ijin edar. “Efek yang ditimbulkannya dari Pil Y yang kita amankan pada tersangka cukup berbahaya. Mulai dari badan lemas serta dapat merusak syaraf dan ginjal. Tentunya sangat berbahaya sekali jika dikonsumsi. Itu Pil Ilegal,” kata Kasat Narkoba.

Kepada polisi, Kentung mengaku menjual pil koplo tersebut 4000 rupiah untuk perbutirnya. Sasarannya adalah para anak Punk dan para remaja.Mereka yang butuh akan menghubungi lewat handphonenya, selanjutnya ketemuan di suatu tempat. Akibat perbuatannya Kentung dijerat dengan pasal Pasal 196 Jo pasal 98 ayat (2) UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman kurungan 10 tahun penjara serta denda 1 milyar rupiah.

 

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *