Ngaku Wartawan dan Minta Uang, 4 Orang Digelandang ke Kantor Polisi

KEBUMEN – Mengaku wartawan, empat orang warga Tangerang Jawa Barat mencoba menipu pemerintah desa di Kabupaten Kebumen. Dari empat pelaku, satu diantaranya seorang perempuan.

Modusnya, para pelaku ini mencari-cari kesalahan para perangkat desa terkait sejumlah program pemerintah. Ujung-ujungnya, mereka meminta sejumlah uang suap agar persoalan itu tidak dibawa ke ranah hukum. Dalam aksinya, empat pelaku menyasar Desa Pohkumbang dan Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar. Perangkat desa yang curiga dengan kawanan ini lantas melaporkannya kepada Mapolsek Karanganyar.

Kapolsek Karanganyar AKP Mawakhir SH membenarkan adanya peristiwa itu. Adapun keempat pelaku masing-masing, Kasmin (43), Iwan Budi Priyanto (33), Sutina Melinda (42) dan Abdul Wahid  (49). Mereka yang seluruhnya warga Tangerang, Jawa Barat itu kini diamankan di Mapolsek Karanganyar. “Ini masih kita dalami,” kata Mawakhir.

Sejauh ini, para pelaku telah membawa sejumlah uang tunai sebesar Rp 300 ribu dari Ketua Program Prona Desa Pohkumbang.

“Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar, melaporkan sekecil apapun permasalahan terkait dengan Kamtibmas. Dalam kasus ini supaya menjadi pelajaran khususnya bagi instansi terkait, agar lebih hati – hati dan terbuka supaya tidak terjerat masalah hukum, ” ujar AKP Mawakhir.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen tentang persoalan ini,” jelasnya.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *