Perempuan di Tuban Tewas Setelah Makan Telur Ikan Buntal

TUBAN –Telur Ikan buntal atau ikan buntek, sudah merengut nyawa ibu rumah tangga di Tuban, Jawa Timur. Perempuan bernama Kasmini (40), warga Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban membeli ikan buntal di pasar Tambakboyo.

Sampai di rumah, ikan tersebut dimasak dan setelah matang, dengan lahap dia pun menyantap telur ikan tersebut. “Usai makan telur ikan buntal, kepalanya pusing, setelah itu dibawa ke Bidan,” beber Kasubag Humas Polres Tuban, Iptu Agus Edi Pranoto.

Saat diperiksa Bidan, ternyata diindikasi korban keracunan yang cukup parah dan itu membuat kondisi tubuhnya semakin lemah. Lalu disarankan untuk dibawa ke rumah sakit agar mendapat tindakan medis ekstra. Sayang sekali, nyawa Kasmini tidak terselamatkan saat dirawat di rumah sakit.

Di Jepang, ikan buntal itu jadi santapan yang banyak penggemarnya. Pertengahan bulan Januari 2018 dilansir dari BBC.com, pemerintah kota Gamagori mengeluarkan peringatan darurat untuk mencegah warganya menkonsumsi ikan buntal.Hal itu dikarenakan, ada ikan buntal yang tidak sengaja terjual dan masih mengandung racun.

Tiap tahun di kota itu, ditemukan kasus keracunan karena menyantap ikan buntal baik yang dibuat sashimi atau jadi sup. Beberapa bagian ikan buntal yang dipastikan mengandung racun (tetrodotoxin), seperti hati, indung telur dan kulitnya. Racun dari ikan buntal, sampai saat ini belum ada pengobatannya.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *